Sunday, January 23, 2011

Menggunakan Fungsi LEFT pada Excel

fungsi-excel Fungsi Left, Right dan Mid adalah fungsi yang digunakan dalam Microsoft Excel untuk mengambil beberapa huruf dari suatu data text dari posisi tertentu sesuai dengan yang diinginkan.

Tutorial kali ini kita akan membahas apa itu fungsi LEFT. Fungsi LEFT adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil Huruf dari sebuah text dari posisi sebelah kiri.

Bentuk umum penulisan fungsi left adalah : =LEFT(text;num_chars).

  • TEXT : adalah referensi yang menyatakan alamat cell yang ingin kita ambil teksnya. Misalnya pada cell B6. Disini juga dapat kita tulis langsung teks yang ingin diambil teksnya, seperti “MICROSOFT” (harus diberi tanda kutip diantara teks tersebut).

    =LEFT(B6;….)

    atau

    =LEFT(“MICROSOFT”;….)
  • NUM_CHARS : menunjukkan banyaknya karakter yang ingin diambil dari data tersebut. Nilai ini harus berisi dengan angka. Jika num_chars tidak diisi, maka excel akan memberikannya nilai 1.

    =LEFT(B6;5)

    atau

    =LEFT(“MICROSOFT”;5)
  • Hasil lengkapnya adalah sebagai berikut :
  • Fungsi Left

2 comments:

Unknown said...

MAS..KALAU CELL A2 DIKETIK 01-JAN-2012 MAKA DI CEL B2 AKAN TAMPIL 01-JAN-2012, TAPI JIKA CELL A2 01-FEB-2012 MAKA CELL B2 TIDAK TAMPIL, GIMANA CARANYA?

Shikamaru Nara said...

infonya sangat bermanfaat
Lampu servis hp

Post a Comment