Browse » » » Mengenal Fungsi SUM

Mengenal Fungsi SUM

Pada Microsoft Excel kita mengenal dengan Fungsi SUM. Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan suatu data numerik (data berupa angka). Fungsi SUM ini sering sekali kita jumpai pada pengolahan data yang kita gunakan dikantoran. Sehingga hampir semua operator komputer telah mengenal dengan Fungsi SUM ini.

Tutorial ini saya buat ditujukan bagi siswa ataupun operator komputer yang sedang belajar Microsoft Excel. Mudah-mudahan tutorial ini dapat bermanfaat untuk semua.

Mengenal Fungsi SUM

Secara umum, prinsip fungsi SUM sama dengan menjumlah banyak data, seperti :

7+11+88+14+10+77

Jika kita terapkan kedalam Excel kita dapat menuliskannya sbb :

=7+11+88+14+10+77

Cara diatas tidaklah salah, tetapi jika kita ingin benar-benar menggunakan excel, tentu saja harus mencari cara yang lebih simpel dan cepat, yaitu dengan Fungsi SUM.

Penulisan Fungsi SUM

Format umum penulisan dari Fungsi SUM adalah :

=SUM(A;B;C …)

Huruf A, B dan C merupakan data angka atau alamat sel dari data yang ingin dijumlahkan. Argumen yang diwakili oleh huruf A, B dan C ini dibatasi hanya sampai dengan 30 argumen.

Contoh Penggunaan rumus :

Misalnya saya memiliki data sbb :

fungsi-sum-01

Penulisan rumus yang tepat jika menggunakan Fungsi SUM adalah :

=sum(B2:D3)

atau dapat juga dituliskan seperti

=sum(B2;C2,D2;B3;C3;D3) atau seperti ini :

=sum(7;11;88;14;10;77)

tetapi cara yang terbaik dalam excel adalah cara yang pertama. Karena selain mempercepat pekerjaan dan jika ada data yang berada di cell B2 sampai D3 diubah, maka secara otomatis hasilnyapun akan ikut berubah.

Selamat Belajar.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl Lintas Berita Facebook
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comments terhadap "Mengenal Fungsi SUM"

Ilmu Komputer said...

udah lama sekali tidak pegang microsoft excel. dlu masih pakai 2003. sekarang yang 2007-10 tampilannya agak bikin kagok juga. hehehehe..

dofollow blog
On Yahoo Messenger Smileys

Please write your comments on the options Google/Blogger for those of you who have an account Google/Blogger. Please select the account in accordance with blog/website your (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM). At the option OpenID please enter URL blog/website you are in the box provided. Or you can choose options Name/URL, then write your name and URL blog/website you are in the box provided. If you do not have blog/website, column URL allowed to leave the field blank. Use option 'Anonim' if you do not want to publish your data.(highly discouraged).If your comment in the form of questions, so if you use this option will not be addressed.
As a seeker of information to say what is your opinion regarding "Mengenal Fungsi SUM".