Browse » » » Menggunakan Embedded Fonts pada Word 2007 dan 2010

Menggunakan Embedded Fonts pada Word 2007 dan 2010

embed-fonts-office Sama halnya dengan mendesign halaman web, jika kita membuat dokumen Word 2007 dan 2010 dengan menggunakan jenis huruf (Font) yang beragam, fonts tersebut tidak akan muncul jika dokumen tersebut dibuka di komputer lain yang fontsnya tidak ada dalam system Windows. hal ini tentu saja akan membuat dokumen tersebut kembali menampilkan jenis fonts standarnya yaitu Calibri atau Times New Roman. Sungguh disayangkan dokumen yang sudah ditata sedemikian rapi tampilan berubah menjadi standard.

Apakah ada solusinya ? Tentu saja ada, karena Word 2007 dan Word 2010 sebenarnya sudah mendukung penggunaan Embedded Fonts, yaitu Font yang kita gunakan didalam dokumen tersebut akan digabungkan didalam dokumen itu sendiri, sehingga dimanapun kita membuka dokumen tersebut maka variasi Font-nya akan tetap utuh.

Cara untuk menggunakan Embedded Fonts pada Word 2007 dan Word 2010 ini ternyata sangat mudah. Tinggal klik tombol Office Button di sudut kiri atas aplikasi Word 2007 lalu pilih Word Options atau klik menu File pada Office 2010 lalu pilih Options. Pada kolom sebelah kiri pilih opsi Save lalu di bagian kanannya aktifkan Embed fonts in the file seperti tampak dalam gambar dibawah ini :

embed fonts office 2007 - 2010

Opsi tambahan yang bisa dipilih lagi adalah sebagai berikut :

  • Embed only the characters used in the document - Opsi ini digunakan untuk menanamkan Font yang hanya digunakan pada dokumen tersebut. Dengan demikian ukuran file yang dihasilkan tidak akan terlalu besar. Kekurangan memilih memilih opsi ini adalah bahwa bagian dokumen yang menggunakan font tertentu tidak dapat diedit lagi, hanya bisa langsung kita print. Jika  dokumen kita edit maka variasi Font-nya akan hilang.
  • Do not embed common system fonts - Opsi ini digunakan untuk tidak mengikutsertakan Font System kedalam Dokumen.

Jika sudah dipilih opsi yang ingin digunakan, klik tombol OK. Lalu simpanlah dokumen tersebut.

Note : Perlu diingat, bahwa dalam proses penyimpanan kita tetap harus menggunakan format dokumen 2007 dan 2010. Tidak boleh menggunakan format office yang sebelumnya.

Contoh Embeded Fonts

Contoh Dokumen yang menggunakan Embedded Fonts

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl Lintas Berita Facebook
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments terhadap "Menggunakan Embedded Fonts pada Word 2007 dan 2010"

dofollow blog
On Yahoo Messenger Smileys

Please write your comments on the options Google/Blogger for those of you who have an account Google/Blogger. Please select the account in accordance with blog/website your (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM). At the option OpenID please enter URL blog/website you are in the box provided. Or you can choose options Name/URL, then write your name and URL blog/website you are in the box provided. If you do not have blog/website, column URL allowed to leave the field blank. Use option 'Anonim' if you do not want to publish your data.(highly discouraged).If your comment in the form of questions, so if you use this option will not be addressed.
As a seeker of information to say what is your opinion regarding "Menggunakan Embedded Fonts pada Word 2007 dan 2010".